Beranda Blog perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung

perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung

perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru
perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru

perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung – ada uang simpanan lebih baik beli mana reksadana saham atau saham,kali ini saya tidak akan menjelaskan detail perbedaan a-z tapi dari sisi pembeli.

contoh sederhana saya punya uang 10 juta rupiah ,saya pernah membeli reksadana saham di bibit maupun ajaib ,ketika saya membeli reksadana saham terlihat sangat mudah karena cukup buat lalu beli reksadana saham sesuai saya pilih.

membeli reksadana saham memiliki 1 keuntungan kita memilki manager investasi,dana kita di kelolah oleh mereka untuk membeli dan memilih saham terbaik menurut pengetahuan mereka.

kelebihan dari reksadana saham kita tidak perlu belajar saham dengan kata lain kita hanya menitipkan uang kita ke manager investasi,sehingga kita tidak perlu banyak waktu untuk mempelajari a-z.

berapa persen keuntungan reksadan saham dalam 1 bulan .jawabnya tidak pasti,tergantung ihsg karena mayoritas manager investasi membeli saham lq45.sama hal dengan membeli saham langsung ,portofolio reksadan saham juga bisa minus.

contoh kasus saya membeli reksadana saham sebesar 10 juta di bibit,setelah beberapa bulan kemudian keuntungan reksadana tersebut naik 10-15%,namum tidak permanen kadang turun bahkan minus .

perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru
perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru

di reksadana saham juga ada potongan untuk manager investasi ,apalagi anda membeli reksadana saham target 5-10 tahun ,akan lebih baik saya sarankan anda membaca potongan detail.

untuk anda yang tidak punya waktu dan niat belajar saham saya sarankan lebih baik memilih beli reksadana saham saja.karena resiko lebih rendah di banding anda beli saham langsung,terlebih anda pemula.

kekurangan reksadana saham adalah proses penjualan cukup memakan waktu ,karena keuangan kita di kelolah oleh orang lain,jadi kita harus meminta pihak pengelolah menjual terlebih dahulu,dari pengalaman saya mencairkan reksadana saham butuh proses 3 – 7 hari kerja.

berbeda dengan reksadana saham,jika kita beli saham langsung kita bisa membeli dan menjual saham dalam hitungan menit ,dan proses pencairan tergantung sekuritas masing-masing,seperti indopremier bisa langsung hari tersebut,sedangkan seperti sekuritas ajaib harus menunggu T+2 lebih kurang 3 hari setelah penjual saham baru bisa di tarik ke rekening bank kita.

membeli saham sendiri sangat besar resiko terlebih jika anda nafsu dan membuat saham menjadi pilihan penghasilan utama,jika anda pemula terbuai saham pom-pom ,satu hari anda mungkin bisa untung puluhan persen,tapi bukan tidak mungkin kedepan uang dan untung anda akan habis karena rugi pada saham.

terlebih anda nyangkut di saham arb berhari-hari,seperti kejadian ujung tahun lalu ketika saham kaef alias saham kimia farma,banyak orang berhutang dan gadai aset demi beli saham ini,karena rumor akan naik ribuan persen,ketika hari vaksin saham ini arb berminggu-minggu,sampai detik ini artikel ini saya buat masih banyak yang nyangkut,banyak pemula yang stress karena rugi besar. karena saham ini sebelumnya di harga 7000 jadi 3000 an,lebih 50% anda rugi.

membeli saham sendiri itu kekurangan utama adalah niat utama kita berinvestasi untuk jangka panjang,namum ketika masuk di dunia saham kita berubah menjadi trader harian,terlebih melihat saham kecil yang naik hingga ratusan bahkan ribuan persen dalam 3 bulan terakhir.

beli saham langsung tidak perlu modal terlalu besar,seperti di ajaib modal 100ribu anda sudah bisa membuka rdn dan membeli saham kecil.

membeli saham sendiri secara langsung tergantung pengalaman dan pengetahuan,jika anda asal ikut bisa saja cuan ketika lagi beruntung,namum bukan tidak mungkin beberapa waktu kedepan mengalami rugi bahkan modal utama beli saham habis.hal ini terjadi karena mereka terlalu ingin instan membeli saham asal dan ikut group pompom.

beli saham langsung tidaklah sesulit anda bayangkan ,yang perlu anda asah adalah mental dan tidak usah terlalu ikutan orang,apalagi di forum-forum pasti ada fans dan hater saham tertentu.

keuntungan beli saham langsung,jika kita sudah berpengalaman ,kita bisa mencari untung dalam waktu singkat ,selama tidak serakah ,kita bisa mencari uang tambahan dari saham.namum untuk mencapai tahap tersebut kita harus banyak belajar dan selalu terbuka melihat dari berbagai sisi,di saham ada beberapa aliran ada analisa ,fundamental sampai bandarmologi,saya tidak pernah anti ketiga tersebut,tetap pelajari dan ambil sisi positifnya.

saya pernah untuk saham puluhan persen dalam waktu 1 hari ,bahkan ratusan persen dalam 1 bulan,namum saya juga pernah minus lebih dari 30% dari saham,di saham tidak selallu memberi kita untung ,ketika market dan saham memang tidak bisa naik,lebih baik jika lihat bisa minus lebih ,mending CL alias jual rugi,jika anda tahan,maka bukan tidak mungkin kerugian anda cukup dalam.

ini perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru
ini perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung terbaru

melihat gambar keuntungan beli saham diatas mungkin cukup mengiurkan,namum anda jangan lihat untungnya saja,saham itu saya beli 2 minggu baru naik segitu,sebelumnya minus,ini masih beruntung bisa naik,ada sebagians saham saya beli turun alias minus lebih dari itu .

ini perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung rugi
ini perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung rugi

contoh minus pada beli saham langsung,itu saham udah beberapa hari saya beli masih rugi,banyak lagi saham beli yang rugi,jadi anda kalau ingin masuk ke dunia saham saran saya harus berani rugi.

perbedaan beli reksadana saham dan saham langsung adalah dari segi pembelian dan proses penjual langsung yang jauh lebih cepat beli saham langsung,namum resiko juga jauh lebih besar,bahkan bukan tidak mungkin uang simpanan anda habis ketika bermain saham langsung.

hal prioritas baik untuk beli saham langsung atau reksadana saran saya gunakan uang sendiri yang tidak terpakai,jangan gunakan uang simpanan untuk membeli sesuatu di putar kesana,memang kemungkinan bisa untung,tapi jangan lupa di reksadana saham dan saham langsung juga bisa minus,sekian semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
isi nama anda